Hewan Ternak Berkeliaran Bebas  Di Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Aceh Singkil

Hewan Ternak Berkeliaran Bebas  Di Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Aceh Singkil

ACEH SINGKIL,(PAB)-----

Belakangan ini hewan ternak terlihat bebas berkeliaran di alun-alun Ibu Kota Kabupaten Aceh Singkil, Pulo Sarok tanpa ada mendapat penertipan dari aparatur yang berwenang.

Hewan ternak yang kerap berkeliaran di seputaran jalan di maksud seperti hewan Sapi, Kambing dan Kerbau menjadikan lokasi Alun- Alun menjadi kawasan ternak.

" Apakah pemilik tidak menyediakan tempat kandang sehingga bebasnya berkeliaran dengan menyisahkan kotoran hewan yang berceceran sepanjang jalan." Kata Ronny salah satu seorang masyarakat. Senin (31/01/2022).

Setiap hari hewan-hewan itu terlihat bebasnya berkeliaran di sepanjang jalan tanpa ada sejenis penertipan dari pihak kompeten.

" ini jelas sangat mengganggu pemandangan dan citra sebuah daerah. mesti di tertipkan dengan mengeluarkan ganun.andai belum ada." ujar nya.

Selain merusak pemandangan bagi masyarakat yang kebetulan melintas, kotoran ternak yang berceceran di mana-mana juga membuat aroma pesing dan di kerubungi lalat.

"Sangat tidak nyamanlah keberadaan ternak bebas berkeliaran" kata nya menambahkan.

Lanjutnya, semesti nya pihak Satpol-PP  dapat bertindak tegas dengan cara memberitahu kepada pemilik agar jangan di lepas dan wajib menyediakan kandang bagi ternak mereka.

"Seandai nya dan himbauan ini juga tidak di hiraukan oleh pemilik.sudah sewajar nya aparat pemerintah daerah dapat membuat sangsi, bentuk nya di sesuaikan lah pula.denda materi atau berupa sangsi lain nya."ungkap Ronny.

Karena keindahan dan kenyamanan daerah ini menjadi tanggung jawab bersama.

"Jadi mari lah kita segenap menjaga keindahan dan kelestarian daerah demi kebaikan semua pihak " ulas nya.

Penulis : (Zulkarnain.Lubis).

Berita Lainnya

Index